Makalah | Laporan Pendahuluan | Asuhan Keperawatan | Tips Sehat | Celana Olahraga | News

Jenis Makanan Untuk Meningkat Imun

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh berperan sangat penting dalam menjaga kesehatan kita secara menyeluruh. Terkadang, sistem kekebalan tubuh kita dapat rusak ketika terpapar dengan radikal bebas dan gaya hidup yang tidak sehat. Oleh karena itu mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh tentunya dengan makan makanan sehat dan bergizi. Makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh kita sebagai berikut :

Sop ayam adalah salah satu makanan yang rasanya mudah diterima oleh lidah manapun, rasanya segar dan lezat. Sop ayam dapat mencegah dehidrasi karena kandungan elektrolit yang tinggi, mengonsumsi sup ayam juga dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan disaat flu, serta menjaga saluran pernafasan kita agar tetap sehat. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Nebraksa menemukan bahwa sop ayam dapat menggantikan obat anti inflamasi saat kita mengalami sakit flu, sehingga sop ayam juga dapat mengobati flu. Bawang putih, ketumbar, wortel, dan bawang merah yang terdapat pada sop ayam adalah anti biotik dan anti inflamasi alami yang terkandung didalamnya. Jika sakit flu tidak usah pusing pusing minum obat yang rasanya pahit mendingan makan sop ayam yang rasanya lezat dan nyaman di perut. Sehat tidak harus mahal dan ribet kawan.
Ada lagi makanan enak yang dapat meningkatkan sistem imun untuk kekebalan tubuh yaitu ikan Sarden yang kaya akan asam lemak omega3 yang diketahui dapat mencegah risiko penyakit jantung dan peradangan di dalam tubuh. Ternyata ikan sarden juga termasuk anti inflamasi alami untuk menggantikan obat anti inflamasi yang rasanya pahit. Dari hasil penelitian yang diterbitkan di dalam Journal of Leukocyte Biology menunjukkan bahwa asam lemak omega3 dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh dengan meningkatkan fungsi dari sel-sel imun tubuh sehingga tubuh lebih kuat terpapar radikal bebas. Sayur brokoli mengandung vitamin A, vitamin C, glutathione, tinggi akan kandungan anti oksidan. Glutathione melindungi tubuh dari radikal bebas dan memperkuat sistem imun dan meningkatkan perlindungan dari antioksidan. Ternyata sayur brokoli selain rasanya yang mantabs juga memperkuat sistem imun tubuh dengan tingginya kandungan anti oksidan didalamnya.

teh hijau dan teh hitam mampu melawan penyakit karena teh juga mengandung anti oksidan yang tinggi sehingga memperkuat imun tubuh kita yang melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Satu studi dari Harvard University menemukan bahwa meminum lima gelas teh hijau atau teh hitam sehari selama 2 minggu dapat mengurangi interferon dalam darah sehingga meringankan kerja jantung dan dapat menyehatkan jantung. Selain meningkatkan sistem imun teh juga dapat menurunkan berat badan sangat cocok untuk orang yang sedang diet untuk mengecilkan perut dan mengurangi ukuran celana. Tentunya jika ingin mendapatkan hasil yang baik harus diimbangi dengan olahraga.
Jamur juga dapat meninggkatkan imun kekebalan tubuh lho, Sudah sejak lama jamur diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang alami. Jamur kaya selenium, vitamin B, antioksidan, yang semua nutrisi ini penting untuk menjaga tubuh senantiasa sehat. Jamur biasanya digunakan untuk pengganti daging bagi vegetarian. Jamur juga dapat meningkatkan produksi dan aktivitas sel-sel darah putih / leukosit dalam tubuh untuk melawan infeksi.
Yogurt / susu fermentasi perpaduan susu dengan bakteri baik didalam tubuh juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh, study dari University of Vienna di Austria menunjukkan hasil bahwa mengonsumsi yogurt setiap hari memiliki manfaat meningkatkan kekebalan tubuh. Yogurt juga kaya akan vitamin D karena yogurt mengandung susu. Agar lebih sehat, konsumsilah yogurt tanpa rasa dan jangan ditambahkan gula dan lain-lainnya. Karena jika dicampur yang lain yogurt akan berbeda fungsi.

Jenis Makanan Untuk Meningkat Imun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kiki norfiyanti

1 comments:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar kawan