Makalah | Laporan Pendahuluan | Asuhan Keperawatan | Tips Sehat | Celana Olahraga | News

Efek Menjemur Celana di Dalam Rumah

Saat ini kita sudah menghadapi musim penghujan, bila kita tinggal diarea kost maupun rumah susun pastinya disaat musim penghujan seperti ini banyak pakaian yang belum kering ketika dijemur sehingga mau tidak mau kita harus memasukkan celana yang masih kedalam kamar. Tahukah anda bagaimana efek yang akan ditimbulkan bila kita menjemur pakaian didalam rumah atau kamar? Ternyata kebiasaan penghujan kita sering memasukkan celana basah didalam kamar mempunyai efek tidak baik bagi kesehatan. Dengan memasukkan celana basah didalam ruangan kita dapat mengalami gangguan kesehatan, gangguan kesehatan tersebut dapat menjadi sangat serius terutama pada orang yang mempunyai sistem imun tubuh yang lemah. Kebiasaan ini juga sangat berpengaruh pada mereka yang mempunyai riwayat asma karena uap yang ditimbulkan dari celana basah dapat merangsang kambuhnya penyakit asma. Realisasinya jika kita menjemur celana basah didalam ruangan akan meningkatkan kelembapan didalam ruangan hingga 30% dengan demikian udara yang lembab dapat memicu perkembangbiakan bermacam macam spora jamur yang dapat mengganggu kesehatan kita, salah satunya adalah jamur aspergillus fumigatus.

Jamur jenis itulah yang paling dikhawatirkan oleh para ahli kesehatan karena jamur itu dapat dengan cepat berkembang biak diudara sehingga dapat mengganggu kesehatan paru paru orang yang berada didalam ruangan lembab tersebut. Profesor David Denning dan timnya dari National Aspergillosis Centre di Manchester telah memberikan peringatan setelah mengobati semakin banyak pasien yang menghirup udara yang dipenuhi jamur Aspergillus. Yang diketahui bahwa pasien tersebut mempunyai kebiasaan menjemur celana yang masih basah didalam ruangan. Dokter menjelaskan bahwa celana yang basah biasanya mengandung 2liter air dan dari air itu menguap keruangan hingga memicu perkembangan spora jamur tersebut yang dapat mengganggu pernafasan. Tetapi tidak semua orang yang langsung merasakan efek tersebut, hanya mereka yang mempunyai riwayat asma dan mereka yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah yang langsung ko. Pada kondisi seperti ini biasanya pada pasien yang mempunyai riwayat asma akan mengalami batuk batuk dan yang paling parah akan mengalami sesak nafas. Sedangkan kepada pasien yang mengalami sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti pasien kanker yang sedang menjalani kemo terapi maupun pasien aids dapat terjangkit aspergillosiso paru yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Dokter menyarankan agar celana yang dicuci dan dijemur tapi masih basah agar dikeringkan diluar ruangan atau gunakanlah alat pengering. Jika memang terpaksa harus didalam rumah usahakan taruh ditempat tertutup dan bila tidak ada tempat tertutup alangkah baiknya menjauhkan celana yang masih basah dari kamar tidur. Demikian demi menjaga kesehatan kita, dikarenakan ada salah seorang pasien yang didiagnosa didiagnosis aspergillosis paru karena sering memasukkan celana yang masih basah didalam ruangan. Pasien tersebut sering mengalami batuk batuk, keringat dingin, demam saat ada jemuran yang masih basah didalam ruangan. Sehingga pada akhirnya pasien tersebut harus minum obat antibiotik untuk mencegah pengembangbikan jamur didalam tubuh yang telah menginfeksinya. Dokter mengatakan bahwa adanya celana yang masih basah dijemur didalam rumah dapat memperburuk kondisi pasien tersebut. Setelah pasien tidak menjemur celana basah didalam ruangan selama 1tahun akhirnya dia sembuh dari penyakit tersebut. Dapat diambil kesimpulan bahwa menjemur celana didalam ruangan dapat menyebabkan batuk batuk, sesak nafas, batuk darah, sakit tenggorokan, sinusitis, radang paru paru hingga dapat menyebabkan kanker pada saluran pernafasan.

Efek Menjemur Celana di Dalam Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kiki norfiyanti

3 comments:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar kawan