Makalah | Laporan Pendahuluan | Asuhan Keperawatan | Tips Sehat | Celana Olahraga | News

Penyebab Dan Gejala Parkinson

Sebelum kita membahas penyebab dan gejalanya alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu definisi penyakit parkinson. Parkinson adalah penyakit yang mengganggu sistem syaraf dan motorik atau pergerakan. Menurut bung wiki : Parkinson adalah penyakit degeneratif syaraf yang pertama ditemukan pada tahun 1817 (An Essay on the Shaking Palsy) oleh Dr. James Parkinson dengan gejala yang paling sering dijumpai adalah adanya tremor pada saat beristirahat di satu sisi badan, kemudian kesulitan untuk memulai pergerakan dan kekakuan otot. Parkinson menyerang sekitar 1 di antara 250 orang yang berusia di atas 40 tahun dan sekitar 1 dari 100 orang yang berusia di atas 65 tahun. Parkinson Primer disebabkan berkurangnya dopamin, karena bertambahnya usia, sedangkan Parkinson Sekunder disebabkan terhambatnya pengaliran dopamin yang bisa saja disebabkan oleh tumor, stroke, gangguan pembuluh darah dan trauma.

Penyebab Parkinson menurut bung wiki :
Penyebab terjadinya penyakit Parkinson adalah kurangnya jumlah neurotransmitter dopamin di dalam susunan saraf. Jika otak memerintahkan suatu aktivitas (misalnya mengangkat lengan), maka sel-sel saraf di dalam ganglia basalis akan membantu menghaluskan gerakan tersebut dan mengatur perubahan sikap tubuh. Ganglia basalis mengolah sinyal dan mengantarkan pesan ke talamus, yang akan menyampaikan informasi yang telah diolah kembali ke korteks otak besar. Keseluruhan sinyal tersebut diantarkan oleh bahan kimia neurotransmiter sebagai impuls listrik di sepanjang jalur saraf dan di antara saraf-saraf. Neurotransmiter yang utama pada ganglia basalis adalah dopamin. Pada penyakit Parkinson, sel-sel saraf pada ganglia basalis mengalami kemunduran sehingga pembentukan dopamin berkurang dan hubungan dengan sel saraf dan otot lainnya juga lebih sedikit. Penyebab dari kemunduran sel saraf dan berkurangnya dopamin terkadang tidak diketahui. Penyakit ini cenderung diturunkan, walau terkadang faktor genetik tidak memegang peran utama. Kadang penyebabnya diketahui. Pada beberapa kasus, Parkinson merupakan komplikasi yang sangat lanjut dari ensefalitis karena virus (suatu infeksi yang menyebabkan peradangan otak). Kasus lainnya terjadi jika penyakit degeneratif lainnya, obat-obatan atau racun memengaruhi atau menghalangi kerja dopamin di dalam otak. Misalnya obat anti psikosa yang digunakan untuk mengobati paranoia berat dan skizofrenia menghambat kerja dopamin pada sel saraf. dan ada tambahan sedikit mengenai penyebab parkinson secara pokok disebabkan oleh toksik atau racun yang berasal dari luar, faktor genetik atau penyakit keturunan, parkinson juga dapat di sebabkan oleh karena pernah mengalami trauma kepala atau pernah luka dikepala akibat benturan. Selain itu faktor mengkonsumsi obat obatan jangka panjang juga dapat menyebabkan parkinson.

Gejala Parkinson:
- menghilangnya atau berkurangnya indera penciuman, misalkan tidak dapat mencium bau bauan inilah salah satu gejalanya.
- Sulit tidur, Insomnia, gelisah dimalam hari terkadang menendang bantal atau mengerat ngerat giginya.
- mengalami problema di saraf pembuangan, misalnya sembelit atau berkemih. Untuk mengatasi problema ini penderita parkinson dapat menggunakan celana pantai yang mudah dikenakan dan mudah di lepas agar tidak timbul kecapekan pada penderita saat berkemih.
- Otot otot wajah kaku, biasanya kurang ekspresi wajah, terlihat seperti orang murung atau seriusan.
- Muncul nyeri pada leher, kram otot maupun kesemutan.
- Terjadi tremor kalau dalam bahasa jawa biasa disebut buyuten
- Perubahan pada suara dikarenakan kesulitan mengekpresikan otot wajah dan sukar membuka mulut.
- Berkeringat secara berlebihan dan perubahan kepribadian.

Penyebab Dan Gejala Parkinson Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kiki norfiyanti

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar kawan