Makalah | Laporan Pendahuluan | Asuhan Keperawatan | Tips Sehat | Celana Olahraga | News

Pertolongan Pertama Pada Luka Berdarah

Luka berdarah biasanya di sebabkan oleh benda tajam yang tergores dengan bagian tubuh kita. tubuh kita yang terkena goresan bisa mengalami perdarahan. Perdarahan pada luka biasanya terjadi bila pembuluh darah vena atau arteri pecah, bila pembuluh darah arteri pecah biasanya darah berwarna merah segar mengucur keluar dan dapat menimbulkn panik. Misalkan pembuluh darah vena yang pecah biasanya darah yang keluar berwarna merah pekat dan perdarahan sulit berhenti. Bila ada yang mengalami luka demikian harus segera dilakukan tindakan yang tepat, karena bila tidak dilakukan tindakan yang tepat akan berbahaya dan dapat menimbulkan komplikasi atau kematian. Bila terjadi perdarahan pada luka langsung saja di tekan untuk menghentikan perdarahan, kita dapat menekan luka tersebut dengan kasa streril, kain bersih, sapu tangan, handuk bersih dan sebagainya.

Pertolongan Pertama Pada Perdarahan Luka:
- Gunakan kain bersih steril, kasa steril, untuk meneken bagian luka yang mengalami perdarahan. dengan menekan bagian yang berdarah maka perdarahan akan berhenti, memang saat ditekan akan terasa sakit.
- Luka yang berdarah terus ditekan dengan tekanan konstan.
- Apabila kain atau kasa sudah basah dengan darah jangan di ganti kain tersebut namun ditambah dengan kain baru dan tetap di tekan.
- Apabila perdarahan pada luka mulai berkurang atau terhenti, lakukan pembalutan dengan verban. Luka dibalut dengan verban dan diikat, dalam mengikat verban tidak boleh terlalu kencang dan tidak boleh terlalu kendor. bila terlalu kencang dapat mengganggu sirkulasi organ namun bila terlalu kendor dapat menimbulkan perdarahan lagi pada luka tersebut.
- Usahakan organ yang mengalami perdarahan diposisikan diatas.
- Konsultasikan dengan dokter terdekat, puskesmas atau rumah sakit agar mendapatkan pertolongan medis sehingga untuk meminimalkan cidera komplikasi dan hal hal yang tidak di inginkan.

Bila terjadi perdarahan luka biasanya yang dilakukan petugas medis adalah membersihkan luka atau mengguyur luka dengan cairan nacl dan luka tersebut diusap dengan kasa steril bermaksud untuk membersihkan luka. Bila ada pembuluh darah vena atau arteri yang putus akan di klem lalu di jahit. bila sudah dijahit luka tersebut akan dibalut dan di berikan obat minum.

Pertolongan Pertama Pada Luka Berdarah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kiki norfiyanti